Latest News

Bagaimana Aturan Membayar Fidyah dan Zakat Fitrah?

Jika fidyah adalah salah satu cara untuk membayar hutang puasa, maka zakat fitrah adalah kewajiban bagi semua individu muslim dan mampu.

Fidyah adalah sejumlah harta benda sesuai dengan ketentuan yang wajib dibayarkan karena meninggalkan ibadah seperti puasa. Namun tidak semua yang meninggalkan puasa kemudian bisa membayar dengan fidyah. 

Mereka yang membayar fidyah adalah mereka yang benar-benar tidak mampu berpuasa, karena alasan kesehatan seperti lansia atau ibu hamil dan menyusui. 

Sementara zakat fitrah adalah zakat pribadi, kewajiban bagi semua individu muslim baik laki-laki ataupun perempuan. 

Besaran zakat fitrah dan fidyah tentu saja berbeda. 

Ukuran fidyah disetarakan dengan ukuran makanan dalam sehari. Sementara zakat fitrah, yang bertujuan untuk "pembersih diri", memiliki takaran yang lebih besar. 

Pembayaran fidyah bisa dilakukan di hari ketika meninggalkan ibadah puasa hingga akhir Ramadhan. Jika seseorang meninggalkan ibadah puasa selama lima hari, maka dia bisa membayar fidyah dengan memberi makan lima orang fakir miskin atau seorang fakir selama lima hari. 

Sementara pembayaran zakat fitrah diatur lebih ketat waktunya. Zakat fitrah kemudian disalurkan kepada 8 golongan yang berhak menerimanya (mustahik).



Sumber: kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kipas Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Bim. Diberdayakan oleh Blogger.